Daerah

Lakukan Pemberdayaan kepada Petani, Azrori Yakin Swasembada Pangan di Kuansing Akan Terwujud

Azrori Analke Apas berfoto bersama dengan kelompok tani di Kuansing. (IYK-ANews)

KUANTAN SINGINGI (ANews) - Masyarakat pertanian di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mulai mendapat perhatian. Azrori Analke Apas, salah seorang penggiat bidang pertanian mengatakan tengah fokus melakukan kegiatan-kegiatan pendampingan dan pemberdayaan terhadap anggota kelompok tani, Sabtu (25/2/2023).

Dia, mengatakan sektor pertanian ini, harus kita dukung agar dapat berkembang maju sebagaimana yang telah digalakkan di daerah lain, untuk itu dia telah membantu fasilitas alat pengolahan tanah melalui usulan kegiatan pokok pikiran anggota DPRD berupa peralatan pertanian (Jounder), ternak sapi, dan peralatan pertanian lainnya.

" Iya, kita telah membantu petani dalam pengadaan alat pertanian, bantuan benih dan ternak sapi melalui DPR RI, jalan produksi pertanian, alat dan mesin pertanian (alsintan) melalui usulan Pokir DPRD Kuansing. Selain itu saya melakukan pendampingan untuk pemberdayaan terhadap para petani palawija dan holtikultura termasuk perkebunan di Kecamatan Kuantan Mudik, agar pertanian terintegrasi dapat segera terwujud. 

Kemudian sambungnya, selama ini, dia banyak menampung keluhan - keluhan petani selama ini, menyangkut minimnya pengetahuan petani dalam pengolahan tanah dan pemupukan serta  membantu petani dalam penyediaan peralatan pertanian untuk  pengolahan tanah," ucap Azrori penggiat Pertanian yang saat ini juga sebagai Anggota DPRD Kuansing dari Partai PPP.

Melalui sambungan telepon kepada AmanahNews.com, salah seorang Penyuluh Pertanian di Kecamatan Kuantan Mudik Kargianto, SP, mengaku semenjak adanya pendampingan dan pemberdayaan dari Azrori Analke Apas, petani di Kuantan Mudik mulai bersemangat untuk mengolah dan bertani palawija dan holtikultura, termasuk perkebunan. Banyak bantuan yang telah diterima oleh kelompok tani di Kuantan Mudik melalui perjuangan Azrori di DPR RI maupun di DPRD Provinsi dan Kabupaten.

" Sejak adanya pendampingan dan pemberdayaan dari Anggota Pak Azrori salah seorang penggiat pertanian, Petani di Kuantan Mudik mulai merasakan manfaatnya. Hasil produksi pun sudah mulai meningkat tajam, bahkan petani saat ini sangat bergairah dalam kegiatan pertanian," ujar Kargianto, PPL di Kecamatan Kuantan Mudik peraih peringkat 3 terbaik PPL berprestasi di Provinsi Riau dari Dinas Pertanian Provinsi Riau tahun 2021.

Kemudian, atas dedikasi dan prestasi yang ditorehkan oleh Penyuluh Pertanian yang selama ini bergelut di bidang pertanian Azrori memberikan apresiasi, sehingga prestasi ini dapat menjadi manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani Kuansing. Selanjutnya, untuk mengedukasi petani, agar lebih paham dan mengerti segala hal dalam bidang pertanian, dalam waktu dekat Azrori mengatakan akan melaksanakan kegiatan seminar edukasi  pertanian dan sekaligus membahas seputar peredaran pupuk di pasaran sejak harga pupuk melonjak naik.

" Dalam waktu dekat, saya bersama teman - teman ahli pertanian di Provinsi Riau dan pusat, akan melakukan seminar edukasi terhadap petani, terutama pada kelompok tani binaan  yang selama ini telah mendapatkan pendampingan, jumlahnya mencapai lebih dari  50 kelompok tani yang berada di Kecamatan Kuantan Mudik," sebutnya.

Kepada AmanahNews.com, Azrori anggota DPRD Kuantan Singingi itu,  ikut menyambut dan turut mendukung program  Pemerintah Daerah saat ini, yang akan menggalakkan sektor pertanian, bahkan tak tanggung-tanggung Pemerintah Daerah saat ini, telah menekankan kepada seluruh Kepala OPD terkait untuk fokus agar sektor pertanian  bisa swasembada pangan. 

Hal itu kata Azrori, disampaikan oleh Plt Bupati Kuansing H Suhardiman Amby dalam kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2024 di Kecamatan, sektor pertanian mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah, terutama sektor pertanian holtikultura dan palawija, seperti padi, jagung, dan lain- lain.

" Iya, ini salah satu bentuk fokus perhatian  Pemerintah Daerah Kuansing, terhadap petani Kuansing, sektor pertanian akan menjadi produk unggulan Kabupaten Kuansing, dan ini akan terus digalakkan, " tegas Azrori kepada AmanahNews.com saat bincang pagi Sabtu (25/2/2023) pagi.

Di tempat terpisah, melalui sambungan telepon, salah seorang Tokoh Masyarakat Kuansing di Jakarta, Mustari Usman, sangat menyambut baik, upaya Azrori yang telah melakukan pendampingan terhadap Petani Kuansing. Ini Saya nilai sebuah terobosan yang luar biasa, yang dilakukan salah seorang anggota DPRD. Petani Kuansing mesti kita bela dan bantu, agar perekonomian masyarakat Kuansing dapat meningkat.

" Saya, ikut mendukung dan support, kegiatan pendampingan yang telah dilakukan Anak muda Kuansing terhadap Petani, khususnya di Kecamatan Kuantan Mudik. Muaranya untuk tentu agar kesejahteraan Patani Kuansing dapat meningkat," kata Mustari Usman, pengusaha sukses di Jakarta yang dalam waktu dekat akan meningkatkan produksi pupuk organiknya untuk memenuhi pupuk petani Kuansing dengan harga murah. (IYK/ANews))



Tulis Komentar